Label

Rabu, 20 Februari 2013

KARENA MEREKA AKU BISA MENDUNIA

Wilayah Kabupaten Sidoarjo berada di dataran rendah. Sidoarjo dikenal dengan sebutan Kota Delta, karena berada di antara dua sungai besar pecahan Kali Brantas, yakni Kali Mas dan Kali Porong. Sehingga cocok untuk budidaya perikanan bandeng dan Udang Windu. Oleh karena itu tak heran dua hewan ini menjadi ikon Sidoarjo.

Banyak desa membuka lahan perikanan, namun Desa Rangkah Kidul merupakan daerah penghasil Ikan bandeng terbesar, oleh karena itu KKN POSDAYA Tahun 2013 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO memanfatkan bandeng menjadi sebuah olahan yang tak pernah ada di Sidoarjo. Produk olahan yang kami buat adalah " NUGGET BANDENG "




Dengan adanya trobosan tersebut diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Rangkah Kidul sehingga dapat membantu menurunkan tingkat kemiskinan di Kabupaten Sidoarjo.

Berikut ini adalah resep "NUGGET BANDENG"


Bahan:
200gr daging bandeng tanpa duri
100gr wortel dipotong kecil-kecil
100gr buncis dipotong kecil-kecil
50gr tepung panir putih
100gr tepung terigu
3 butir telur
1 santan kara

Bumbu:
5 siung bawang merah
2 buah bawang putih
Lada, garam, gula, dan pala secukupnya

Breaded:
2 butir telur
100gr tepung terigu
100gr panir orange
500 cc minyak goreng

Cara membuat:
  • Giling daging bandeng hingga lembut.
  • Campurkan gilingan daging bandeng dengan wortel dan buncis dalam baskom hingga tercampur rata, lalu sisihkan.
  • Haluskan bawang merah dan bawang putih, lalu tumis hingga harum. Setelah itu tambahkan lada, garam dan gula secukupnya.
  • campurkan dengan rata cara ke-2 dan ke-3. Tambahkan 3 kuning telur, 2 putih telur, panir putih, tepung terigu, dan santan. aduk rata
  • setelah tercampur tuankan adonan ke dalam loyang, lalu kukus sekitar 30 menit. angkat dan potong-potong sesuai selera.
  • Masukkan adonan pada BREADED. Caranya adalah: Masukkan nugget ke dalam kocokan telur, kemudian masukkan ke tepung setelah itu masukkan lagi ke dalam kocokan telur dan yang terakhir guling-gulingkan ke dalam tepung panir orange.
  • goreng nugget hingga kecoklatan.
  • hidangkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang..

Selamat Datang..
Kita harus selalu meriah..